PenCarian Blog

Photobucket

SCRIPT

⎝⋋⏝⋌⎠
CHIPOENK UCHIHA AL_MADURIY THE GREATEST BLOG

29 Desember 2010

Pantai Lombang di Tutup

Sumenep - Kawasan wisata Pantai Lombang di Sumenep lumpuh. Wisatawan tak bisa memasuki pantai yang terkenal di Pulau Madura itu karena terpasang tulisan, "Tanah ini tertutup bagi wisatawan."
Aksi pemalangan pintu masuk kawasan wisata itu dilakukan oleh warga sekitar yang mengaku sebagai ahli waris pemilik pantai tersebut. Sudahnan, seorang warga mengatakan penutupan terpaksa dilakukan karena keluarga ahli waris tidak mendapat bagi hasil retribusi pengunjung dari pemerintah.
"Sudah berpuluh tahun dikelola pemerintah, kami tidak menikmati sepeser pun retribusi pengunjung, padahal ini tanah kami," katanya, Selasa (28/12).

Penutupan lokasi wisata  itu, kata Sudahnan, akan dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan, sampai ada kejelasan soal bagi hasil retribusi pengunjung.

Tak hanya menutup, puluhan batang pohon cemara udang yang tumbuh di pantai tersebut juga ditebang. Sudahnan beralasan penebangan dilakukan karena tanah tersebut akan dijadikan kebun semangka. "Lebih bagus ditanami semangka, bisa menghasilkan uang buat kami," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumenep Mohammad Natsir mengatakan untuk sementara waktu pengelolaan lokasi pantai Lombang divakumkan sampai ada putusan kasasi Mahkamah Agung soal sengketa kepemilikan lahan antara pemerintah dan warga.

Namun dia menyayangkan aksi tutup paksa tersebut. Menurut Natsir, berdasar kesepakatan warga dan pemerintah yang dimediasi polisi, selama belum ada putusan kasasi, lokasi pantai Lombang digratiskan bagi pengunjung. "Jadi pengunjung boleh masuk tanpa dipungut biaya," pungkasnya. 

 SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Comentnya Yach!
Comentnya Sangat Diperlukan